Dalam Meriahkan HUT Sumpah Pemuda, DPK GMNI FPBS Menggelar Kompetisi BerPidato Bahasa Inggris

  • Bagikan

GUNUNGSITOLI-BUSER45.COM|Hari Sumpah Pemuda merupakan momen bersejarah bagi pemuda dalam menyatukan semua elemen bangsa utamanya pemuda dengan segala cita-cita perjuangan dan kesatuan yang utuh. Maka di Hari Sumpah Pemuda Ke-93 Tahun 2021 ini, DPK GMNI FPBS IKIP Gunungsitoli mengadakan kegiatan Lomba Pidato Bahasa Inggris Kategori Pelajar se-Kepulauan Nias dengan mengusung tema : “Youth Moves and Changes!”.

Kepada awak media, Ketua Panitia, Herman Syukur Zai, menjelaskan bahwa pelaksanaan Lomba Pidato Bahasa Inggris ini adalah sebagai sebuah wujud selebrasi organisatoris dan proses pengamalan nilai-nilai sumpah pemuda di tataran kepemudaan, khususnya pemuda di Kepulauan Nias ini.

“Momentum Sumpah Pemuda merupakan hal terpenting bahwa pemuda juga punya peran penting dalam merebut kemerdekaan negara RI ini, juga tentunya yang punya andil besar sebagai generasi emas Indonesia dan regenerasi kepemimpinan bangsa ini. Untuk itu, perencanaan dan pelaksanaan lomba pidato bahasa Inggris ini didasari dengan melihat begitu banyak potensi dan bakat-bakat siswa-siswi di seluruh pelosok Kepulauan Nias ini yang perlu diasah, dan juga sebagai pintu awal dan terobosan baru untuk menciptakan siswa-siswi dalam menyambut, menghadapi, dan beradaptasi dengan transformasi digital yang semakin mengglobal and knows no sounds!” ungkap Herman Syukur Zai.

Pelaksanaan Lomba Pidato Bahasa Inggris ini didasari pada Surat Keputusan Dewan Pimpinan Komisariat GMNI FPBS IKIP Gunungsitoli Nomor: 02/SK/DPK.GMNI.FPBS-IKGS/II/2021 tentang Pelaksanaan dan Susunan Panitia Lomba Pidato Bahasa Inggris.

Pelaksanaan Lomba Pidato Bahasa Inggris ini dilaksanakan di Aula Serbaguna Letkol Aswar, Makodim 0213/Nias. Dan diikuti sebanyak 64 orang peserta lomba yang telah mendaftar ke Panitia, yang terdiri dari tingkatan pelajar (SD, SMP, SMA/K) yang berasal dari 4 kabupaten dan 1 kota.

“Ya, benar, peserta lomba ada sebanyak 64 orang dari tingkatan pelajar yang berasal dari 4 kabupaten dan 1 kota di Kepulauan Nias.” Tambah Herman S. Zai

“Kami dari Panitia Lomba dan utamanya dari DPK GMNI FPBS IKGS, berharap agar tema ini dapat menjadi warna dan roh perjuangan pemuda/siswa-siswi Kepulauan Nias ke depan dalam menggelorakan semangat perjuangan, kobaran api sumpah pemuda dan keberpihakan kepada bangsa dan negara Indonesia pada umumnya dan Nias pada khususnya.” Jelas Herman S. Zai

Pada kesempatan yang sama, Ketua DPK GMNI FPBS IKIP Gunungsitoli, Lestariaman Humendru dalam pidatonya menyampaikan bahwa kegiatan lomba pidato bahasa Inggris merupakan suatu momentum menggali bakat setiap pelajar dalam hal penguasaan bahasa asing, tanpa harus melupakan bahasa Nasional yaitu bahasa Indonesia.
“Biarlah dengan momentum pelaksanaan kompetisi ini, kita sebagai pelajar bisa menggali potensi dan talenta berbahasa Inggris guna berkecimpung di dunia teknologi yang serba canggih,” Ucap Lesta

Ketua DPC GMNI Gunungsitoli-Nias, Joko Puryanto Mendrofa, dalam arahannya sangat mengapresiasi kegiatan dari DPK GMNI FPBS IKGS di Hari Sumpah Pemuda ini.

“Kami sangat mengapresiasi acara dari kawan-kawan DPK GMNI FPBS IKIP Gunungsitoli-Nias. Apalagi ini dilaksanakan di Hari Sumpah Pemuda, dan kegiatannya juga spesifik ke lomba pidato, dan itu sangat keren. Karena sebagai pemuda wajib ikut serta dalam menghadapi dan mengikuti tatanan global yang semakin tidak bisa dibendung lagi.” Tutur Joko Mendrofa

Ketua Panitia menjelaskan bahwa peserta lomba pidato ini cukup antusias, berjalan lancar dan sukses, dan disambut positif oleh masyarakat luas. Dan di kesempatan itu juga, Ketua Panitia mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada seluruh pihak yang sudah merta mendukung acara lomba pidato ini.

“Kami berterimakasih banyak kepada Pengurus DPC, senior saya di Persatuan Alumni GMNI, Pengurus DPK, dan juga kepada Bapak Dandim 0213/Nias, rekan-rekan Panitia, atas kerja keras dan dukungan moril dan materi. Tak lupa juga kepada peserta lomba dan orangtua/guru siswa yang sudah berpartisipasi dan antusias mengikuti lomba ini.” Tutup Herman S. Zai.

FELIKS WARUWU

Penulis: Juli BerkatEditor: Lisna Mendrofa
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.