Jalan ke ulumanda cukup parah

  • Bagikan

MAJENE – Buser 45.com |Infrastruktur menjadi bagian penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi suatu daerah. Infrastruktur seperti jalan sangat mempengaruhi tingkat pembangunan karena menjadi akses utama transportasi orang maupun barang dari satu daerah ke daerah lain.Namun ketika mengalami kerusakan cukup parah jelas akan sangat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi masyarakat di sekitarnya.

Kecamatan Ulumanda Kabupaten Majene Sulawesi Barat, yang berada di Pegunungan, juga sangat bergantung dengan infrastruktur jalan sebagai akses utama transportasi. Kondisi jalan yang laik diperlukan agar arus lalu lintas orang dan barang tetap berjalan lancar. Begitu pula akses jalan di kecamantan lain. Agar akses lalu lintas jalan berjalan lancar, kualitas jalan yang baik harus terus dipertahankan agar mobilisasi orang dan barang juga tidak tersendat.

Kepala Desa Tandiallo Muh.Asri mengatakan, Kecamatan Ulumanda memiliki jalan yang menghubungkan antara daerah pesisir pantai sampai tembus ke wilayah Kabupaten Mamasa sesuai dengan kewenangannya. Mulai dari jalan nasional  jalan provinsi hingga jalan kabupaten.Jelas Asri

Menurutnya, ruas jalan provinsi yang membentang mulai dari Desa Salutambung ke Desa Popengan dan Tandiallo merupakan Desa paling terpencil di wilayah Kecamatan Ulumanda di Kabupaten Majene,dengan panjang 40 km, menjadi salah satu ruas yang paling banyak dilalui kendaraan roda dua juga mobil hartop,untuk mengangkut hasil bumi warga.
seperti kopi, Coklat, dan kemiri,begitunpun sebaliknya mereka akan mengangkut kebutuhan warga ke Pegunungan melalui jalur tersebut,hanya satu jenis mobil menjadi kendaraan utama warga di pegunungan yaitu hartop. kata Asri ketika di Temui Awak Media Transtv45..Com di Kabiraan, rabu 3/11/2021.

Selain itu,jalan ke Kecamatan Ulumanda merupakan jalan Nasional menghubungkan beberapa wilayah desa dengan daerah mamasa. Hanya saja mengalami kerusakan cukup parah, sehingga, kami mengalami kesulitan ketika pada musim Hujan seperti sekarang ini,Persoalannya, beberapa titik ruas jalan ini mengalami kerusakan cukup parah setiap tahunnya.Jelas, sejauh ini Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat, saat ini baru 12 km yang di kerjakan, mulai dari Salutambung sampai Desa Kabiraan.”Keluhnya.

Sementara itu, kepala Desa Ulumanda Hardi P, juga mengeluhkan persoalan Jalan ke wilayahnya belum tersentuh perbaikan secara maksimal, pada hal potensi sumber daya alam di Desanya sangat melimpah, namun kondisi jalan tidak memungkinkan untuk mensepolerasi semua, diakibatkan kondisi jalur jalan yang rusak parah.Ujarnya Kepada Transtv45..Com.rabu 3/11/2021.
Dia berharap Kepada Pemerintah Provinsi supaya ada perhatian pemperbaiakan jalan ke wilayahnya,
Jika jalan ke Ulumanda cukup mamadai tidak menutup kemungkinan tingkat perekonomian warga di sana akan ada perubahan, apa lagi jalur jalan ini tembus sampai ke Kabupaten Mamasa.

Feliks waruwu

Penulis: Jurnalis ( wahid)Editor: ROSALIA YUSTINA GULOSumber Berita
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.