Proyek Dana Desa Lubuk Pauh Amburadul

  • Bagikan

KERINCI-BUSER45.COM|Program Dana Desa Lubuk Pauh Kec. Gunung Tujuh Kab. Kerinci tahun anggaran 2021 berupa kegiatan perkerasan jalan desa dikerjakan terkesan amburadul.

Kenapa dikatakan terkesan amburadul ? Dari pantauan media ini dilokasi pekerjaan, perkerasan  jalan desa ini dikerjakan secara manual dengan melibatkan masyarakat setempat dalam proses penghamparan material timbunan/perkerasan.

Namun sangat disayangkan, proses penghamparan tersebut, tidak menyiapkan badan jalan untuk lokasi penghamparan.  Material timbunan jalan, dihampar diatas rumput tebal tanpa pembersihan terlebih dahulu.
Dengan tidak adanya pembersihan badan jalan, mempercepat tumbuhnya rumput dijalan, apalagi proses pengerjaannya tidak ada pekerjaan pemadatan, yang berakibat material
timbunan yang dihamparkan menjadi longgar dan liar.

Apa benar metoda pekerjaan perkerasan jalan yang dilaksanakan oleh desa yang bersumber dari Dana Desa memang demikian adanya? berbeda dengan metoda pekerjaan yang dilakukan dari
proyek-proyek pemerintah lainnya.
Siapa yang bertanggungjawab teknis terhadap kegiatan fisik dana desa.

Apakah tidak berfungsinya pendamping desa atau pihak BPD Desa Lubuk Pauh. Berperankah BPD Desa Lubuk Pauh dalam melaksanakan tupoksinya?
Selain tidak adanya pekerjaan penyiapan badan jalan, dilokasi kegiatan juga tidak ditemukan papan informasi. Padahal papan informasi kegiatan, sebagai bentuk pertanggungjawaban Kades
kepada masyarakat dalam memperoleh informasi terhadap penggunaan dana desa yang  notabene bersumber dari uang rakyat.
Dari pantauan dilapangan, pekerjaan perkerasan jalan tersebut, tidak adanya saluran pembuangan air atau drainase. Kemungkinan besar apabila tidak ada saluran pembuangan air, material timbunan tidak bisa bertahan lama.

Hal ini disebabkan perencanaan yang tidak matang. Kades Lubuk Pauh Imsumarlan sampai saat berita ini dinaikkan, belum dapat di konfirmasi, dan telah dikonfirmasi melalui WhatsApp belum ada jawabannya.
Diharapkan kepada pihak Inpektorat Kab. Kerinci dalam melakukan audit dan pemeriksaan Dana Desa Lubik Pauh, untuk benar benar melaksanakan fungsi dengan semestinya.

Untuk diketahui desa Lubuk Pauh, setiap melaksanakan kegiatan fisik dana desa selalu pekerjaan perkerasan jalan. Apakah kegiatan ini sangat menguntungkan?

(Danil)

Penulis: Daniel Editor: Lisna Mendrofa
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.