PILKADES SELISIH 1 SUARA SERU DAN MENEGANGKAN

  • Bagikan

 

MAMASA – BUSER45.COM |Pesta demokrasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Desa Rantekamase, Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat baru saja selesai di gelar secara serentak pada Rabu (08/12/2021).

Pilkades Desa Rantekamase dilaksanakan dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) untuk mencegah penularan Covid-19. Bahkan di TPS juga di sediakan fasilitas Vaksinasi bagi warga yang belum di Vaksin.

Proses pemilihan di laksanakan sedikit lambat dari waktu yang sudah ditentukan, sebab ada sebagian Pemilih yang baru di Vaksin. Namun, tampaknya itu bukanlah suatu masalah serius karena semua kegiatan bisa berjalan dengan baik.

“Tentu semua tidak lepas dari hasil kerja sama para Panitia, Tenaga kesehatan dan TNI/Polri yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini” ujar salah satu warga setempat..

Pilkades Tahun ini hanya di ikuti oleh 3 Calon saja, yaitu ;
Nomor urut..

1. Demianus B (307)

2. Arruan Pasau (308)

3. Bongga Minanga (207)

Dari 823 pemilih yang hadir, hanya 822 surat suara saja yang dinyatakan SAH karena 1 surat suara dinyatakan Rusak. Hasil rekapitulasi, demianus B mendapatkan 307 suara, arruan pasau 308 suara, dan bongga Minanga 207 suara.

Demianus B merupakan Petahana Sementara ke dua rivalnya, yaitu Arruan Pasau (nomor urut dua) adalah pendatang baru dan Bongga Minanga (nomor urut tiga) mantan Sekretaris Desa Rantekamase.

“Pilkades tahun ini disebut-sebut sebagian warga, kalau ini Pemilihan yang paling seru dan menegangkan, karena jauh sebelum pencoblosan, para pendukung saling mengklaim kemenangan, dan saling sindir antar pendukung di sosial media Facebook.

Dan ada juga yang menduga kalau Bongga minanga yang akan terpilih.Karena di pemilihan sebelumnya, perolehan suaranya sempat bersaing ketat dengan Demianus B yang merupakan Petahana saat ini.

Menurut salah satu warga yang tidak bersedia di sebut kan Nama nya, Strategi yang di gunakan Arruan Pasau sungguh diluar dugaan. Walaupun beliau adalah pendatang baru, tapi dia mampu mengambil hati masyarakat.

” Mungkin karena beliau orang baik, dan juga istrinya seorang perawat, dan sudah banyak keluarga yang di bantu dengan tulus dan ikhlas. Rejeki tidak ada yang tahu, mungkin sudah itu rejekinya” ujarnya.

Setelah Penghitungan suara yang di menangkan oleh Arruan Pasau dengan selisih 1 suara, suasana agak riuh karena hampir semua warga yang ada di TPS menangis, dan saling berpelukan satu sama lainnya.

“Sabar dan sabar. Semua terjadi karena kehendak yang maha kuasa” ujar salah satu warga yang ada saat itu.

“Selamat kepada Arruan Pasau. Harapan kedepan agar ketegangan yang sempat terjadi, bisa mencair karena pilkades telah usai. Kita semua bersodara, satu keluarga. Mari kita semua, sama-sama membangun Desa yang kita cintai.” Dengan tetap taat dan tunduk terhadap Undang-undang yang Berlaku…!!!

Wartawan.. ANDI

Penulis: AndiEditor: ROSALIA YUSTINA GULO
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.