PPGTM Klasis Sumarorong Siap Ikut Festival Paduan Suara Natal Toraja Utara

  • Bagikan

MAMASA-BUSER45.COM| Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang, atau akrab di Panggil OmBas, Berharap gelaran Festival Paduan Suara Natal, yg untuk pertama kalinya digelar di Toraja Utara, bisa berlangsung sukses dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat.

Bupati berharap, semua panitia bekerja secara maksimal dan bertanggung jawab penuh terhadap pada bidang nya masing-masing. Agar festival dapat terlaksana sesuai dengan aturan yg ada.
Pada kesempatan itu Yohanis Bassang juga melaporkan bahwa tingkat Vaksinasi Covid-19 di kabupaten Toraja Utara, berada di posisi 65%, dan kita bertekad di posisi 75%, untuk berada di posisi PPKM level 1 agar kita dapat melakukan kegiatan lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang, mengatakan ide festival ini lahir dalam rangka bagaimana sebagai suatu daerah destinasi wisata.

Hingga penutupan pendaftaran, ada 55 kelompok paduan suara yg akan mengikuti Festival paduan suara Natal tahun 2021 yg di gelar pemerintah kabupaten Toraja Utara.

Salah satu peserta nya dari “PPGTM Klasis Sumarorong”, Pemuda pemudi yg jauh jauh dari daerah tersebut, berharap kegiatan ini bisa menambah rasa persaudaraan dan meningkatkan kecintaan terhadap lagu rohani dan bisa berlanjut ke daerah lain nya.

Festival atau Lomba Paduan Suara Natal Tahun 2021 ini dilaksanakan di lapangan Bakti Rantepao, dari tanggal 14 sampai 21 Desember 2021.

Peserta nya dari berbagai daerah, kegiatannya di bagi 2 grup, yaitu grub A berasal dari Toraja Utara, dan Group B dari luar Toraja Utara, grub A pesertanya 40 lebih, grub B 13 Peserta

Adapun ketentuan lomba, yakni peserta minimal 60 orang dan maksimal 100 orang. Busana baju adat Toraja ( tidak harus seragam ) karena bukan kriteria penilaian. Penampilan peserta hanya satu kali, dengan membawa dua lagu sekaligus, yakni lagu wajib dan lagu pilihan.

Lagu wajib nya, “sende penaangki”, Nada dasar tidak boleh diubah, lagu pilihan ada enam, diantaranya, 1. Parannu Sia Sendekan 2. Arrang Kamala’birana 3. Imanuel 4. Dadimo Pela’bakta 5. Haleluyah 6. Kurre Sumanga.

Dan di ketahui Festival Paduan Suara Natal Kabupaten Toraja Utara menyediakan Hadiah utama Berupa Kerbau.

Juara 1, satu ekor Kerbau
Juara 2, Rp 20.000.000
Juara 3, Rp 15.000.000
Harapan 1 Rp 10.000.000
Harapan 2 Rp 7.500.000
Harapan 3 Rp 5.000.000
Khusus kelompok A uang pembinaan diberikan kepada masing-masing Rp 1.500.000 dan urutan 8 sampai 13 Masing masing 1jt.

Ketua Panitia Festival Paduan Suara Natal Kabupaten Toraja Utara Harli Patriatno, berharap Festival paduan suara Natal bisa meningkatkan kecintaan dan penghayatan terhadap lagu rohani, dan kegiatan ini juga dapat menarik wisatawan asing maupun lokal, agar bisa menambah penghasilan bagi warga setempat.

ANDI

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.