Kapolres Humbahas Pimpin Rakor Lintas Sektoral Jelang Hari Raya Idul Fitri 1443 H Tahun 2022

  • Bagikan

 

Humas – Buser45.com |Polres Humbahas_Kapolres Humbahas Polda Sumut AKBP Achmad Muhaimin, S.I.K, M.H Pimpin Rakor Lintas Sektoral Bersama Forkopimda dalam rangka Kesiapan Idul Fitri 1443 H Tahun 2022 di Wilayah Humbahas di Aula D.P Silitonga Mako Polres Humbahas, Selasa (19/04/2022).

Kapolres Humbahas AKBP Achmad Muhaimin, S.I.K. M.H dalam Paparannya menyampaikan bahwa mendasari Arahan Kapolri pada giat Rakor Lintas Sektoral Tingkat Pusat Ops Ketupat 2022 terkait mudik lebaran yang mana prediksi pada musim mudik ini kendaraan pribadi dan angkutan umum akan meningkat pesat, harapannya agar semua berjalan dengan aman, lancar dan selamat.

Kemudian untuk mengendalikan lonjakan Covid-19 agar dipedomani Surat Edaran Covid Nomor 15 Tahun 2022, S.E Menhub Nomor 36,37,38 Tahun 2022.

Adapun potensi kerawanan keamanan dan kesehatan dapat dikendalikan pada saat paska idul fitri dan mengambil langkah langkah strategis yakni menjelang mudik dan paska mudik, untuk mengantisipasi hal tersebut strategi yang digunakan adalah membuka gerai vaksinasi pada jalur yang dilintasi oleh pemudik untuk diwaspadai dan diantisipasi pada tanggal 25 April.

Kapolres menambahkan bahwa upaya selanjutnya yakni melakukan himbauan untuk penguatan prokes yang disertai penggunaan aplikasi peduli lindungi.

Tetap menjaga stabilitas ketersedian bahan pokok, minyak goreng (premium atau curah) dan bbm serta melakukan penegakan hukum melalui penindakan terhadap penyelewengan / penyimpangan terhadap bbm yang bersubsidi, operasi ketupat saat ini dengan mengecek kesiapan dan peninjauan terhadap potensi daerah kemacetan di wilayah Humbahas.

Untuk itu segera menyiapkan posko pengamanan dalam rangka operasi ketupat ini dengan menggelar dan mendirikan pos penganaman, posyan dan pos terpadu, mengurangi kemacetan dengan menggunakan cb lalulintas, pembatasan operasional kendaraan barang2 pada saat arus mudik dan arus balik dan sosialisasikan mulai sekarang, kemudian tetap mengendalikan prokes dan arus lalin di kawasan wisata dengan strategi penguatan komunikasi publik, diharapkan tidak ada antrian panjang di spbu dalam pengisian bahan bakar menjelang mudik dan arus balik.

Polres Humbahas akan menyelenggarakan Operasi Kepolisian Ketupat Toba 2022 selama 12 hari terhitung mulai 28 April 2022 s/d 09 Mei 2022. Operasi kemanusiaan dengan titik berat memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat yang akan mudik pada hari H nya dan melaksanakan perayaan hari raya idul fitri 1443 h.

Tujuan operasi
– Pengamanan Idul Fitri 1443 H di tengah masa pandemi covid-19 tahun 2022.
– Terjaminnya rasa aman masyarakat dlm menjalankan ibadah puasa dan merayakan Idul Fitri 1443 H
– Terwujudnya sitkamtibmas yg kondusif sebelum kma pd saat dan sesudah idul fitri 1443 H.

Pada pelaksanaan Pam Idul Fitri 1443 H Polres Humbahas melibatkan sebanyak 71 personil dan bantuan dari instansi terkait sebanyak 44 personil yang akan membantu dalam pelaksanaan pos pam dan pos yan Ketupat Toba 2022 antara lain, TNI, Damkar, Satpol PP, Dishub, Dinkes, BPBD, dan PU serta Tim Vaksinator yang telah ditunjuk.

Adapun lokasi pos pam dan pos yan antara lain :
– Pos Pam I berada di simpang kantor pos doloksanggul.
– Pos Pam II berada di desa nagasaribu II kec. lintongnihuta.
– pos yan berada di objek wisata sipincur.

BMT.Manalu

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.