Ketua Dekranasda Tapanuli Utara Harapkan Pelaku UMKM Tetap Solid Demi Kemajuan Bersama

  • Bagikan

Tapanuli Utara   –   Buser45.com  |Ketua Dewan Kerajinan Daerah (Dekranasda) Tapanuli Utara Satika Simamora, SE, MM menghadiri Ramah-Tamah Pengurus Asosiasi UMKM Wilayah Taput dan juga pengurus Kecamatan, bertempat di Sopo Rakyat Rumah Dinas Bupati Taput, Tarutung (Selasa, 19/04/2022)

Kegiatan dibuka oleh Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M. Si didampingi para pimpinan perangkat daerah dalam rangka membangkitkan semangat berkarya serta upaya pemulihan Ekonomi di Tapanuli Utara dari sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah.

Bupati juga menjelaskan gambaran umum arah pembangunan Tapanuli Utara yang lebih menitik-beratkan pada pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan sebagai interkoneksi desa.
“Bangun usaha dan bisnismu dengan serius untuk dirimu dan keluargamu, bukan untuk Pemerintah atau lainnya,” pesan Bupati.
Ketua Dekranasda menyambut baik acara tersebut dan berharap agar para pelaku UMKM tetap semangat

“Para pelaku UMKM bersama pengurus Kabupaten dan Kecamatan harus kompak dan bersatu, perlu diorganisir dengan baik dan selalu berkoordinasi demi kelancaran usaha kita semua, harus saling mendukung untuk kemajuan bersamaan,” ucap Satika Simamora mengawali sambutannya.
Satika Simamora juga mengatakan bahwa berbagai kebijakan Pemerintah Pusat hingga Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara dalam memajukan UMKM dan mendukung produk-produk lokal sehingga dapat menembus pasar luas.
“Kita berharap melalui pertemuan ini akan semakin membuka wawasan para pelaku UMKM Taput agar semakin mandiri dalam berusaha, kita tidak hanya sebagai produsen saja tetapi dituntut untuk mampu memasarkan produk agar mampu meningkatkan perekonomian keluarga. Perkembangan teknologi saat ini mendorong kita semua untuk berkreasi, melakukan perubahan dan terobosan-terobosan,” lanjut istri Bupati Tapanuli Utara tersebut.

“Biasakan jujur dengan kualitas produk kita sendiri sehingga mendapat kepercayaan. Dalam hal pembuatan Hak Paten disarankan agar karya kita tersebut memiliki ciri khas tersendiri. Dengan majunya UMKM akan saling mendukung dengan sektor pariwisata dan sektor lainnya,” pesan Ketua Dekranasda Satika Simamora mengakhiri sambutannya.

Pada kesempatan tersebut juga disampaikan paparan oleh Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa dan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM.
Kepala Bagian PBJ Lamour Situmorang menjelaskan bagaimana cara para pelaku UMKM dapat memasarkan produknya secara online, ada berupa Belanja Langsung (Bela Pengadaan) atau toko daring maupun melalui e-catalog. “Bagian Pengadaan Barang dan Jasa siap membantu dan memfasilitasi bapak-ibu sekalian untuk mendaftarkan serta verifikasi berkas ijin-ijin usaha terhadap aplikasi ‘SIKAP’,” jelasnya.

Ketua Asosiasi UMKM Wilayah Taput Deddy Lumbantobing yang didampingi para oengurus lainnya melaporkan bahwa peserta yang hadir pada ramah-tamah tersebut adalah perwakilan UMKM sekaligus pengurus Asosiasi UMKM Kecamatan. “Semoga dengan bimbingan Bapak Bupati Tapanuli Utara bersama Ibu Ketua Dekranasda Taput, UMKM kita mampu bangkit dan meningkatkan karya untuk pemulihan ekonomi,” doa Deddy Lumbantobing.

BMT.Manalu

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.