Pelantikan Pengurus DPC SPRI Taput

  • Bagikan

 

Buser45.com – Tapanuli Utara
Pengurus Dewan Pimpinan Cabang Serikat Pers Republik Indonesia kabupaten Tapanuli Utara (DPC- SPRI Tapanuli Utara) periode 2022-2027 resmi dilantik di Gedung Kesenian Tarutung Sabtu, (23/04/2022).

Sebelum pelantikan dilaksanakan, Bangun MT Manalu Mewakili Panitia Deklarasi DPC SPRI Kabupaten Tapanuli Utara, yang juga sebagai Wasekjen DPC SPRI mengucapkan selamat datang Kepada Ketua Umum DPP SPRI Bapak Haintje D Mendagi (Selamat datang di Kota Tarutung, Kota Wisata Rohani).
Juga mengucapkan selamat datang untuk USPIDA, Rekan-rekan Aktifis Anti Korupsi Dan juga Rekan-rekan media massa seperti televisi, radio, media cetak, dan berbagai media onlinel, seluruh OKP yang tidak bisa saya sebut satu persatu, juga kepada Penasehat SPRI,(Ujarnya).

Selanjutnya melaporkan Kegiatan Deklarasi, dan latar belakang berdirinya SPRI di Kabupaten Tapanuli Utara, pada kesempatan itu juga Bangun MT Manalu Mengucapkan Terimakasih kepada pihak terkait yang berkontribusi hingga Terlaksana Nya acara Deklarasi dan pelantikan, secara khusus saya mengucapkan terimakasih juga kepada Panitia Deklarasi SPRI kabupaten Tapanuli Utara, (Ujarnya).

Pelantikan tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Umum DPP SPRI Heintje G Mandagie dan dihadiri oleh unsur Uspida Kabupaten Taput, Pimpinan Media, Organisasi pers, OKP, serta ratusan undangan lainnya.

Dalam sambutannya Ketua Umum DPP SPRI Heintje G Mendagi mengatakan bahwa sesuai UU Pokok Pers No. 40/1999 sebagai organisasi pers SPRI atau yang lainnya berperan strategis menentukan arah kemerdekaan pers.

“Pers yang merdeka adalah pers yang independen. Menuju kemerdekaan pers tersebut, seluruh yang terlibat khususnya wartawan harus sepenuhnya independen. Termasuk dalam hal ekonomi,” ungkapnya.

Lanjut Heintje menegaskan Dewan Pers harus memberi perhatian kepada independensi wartawan dalam hal ekonomi. Bersama-sama organisasi pers yang berbadan hukum seperti SPRI.

Jadi tidak hanya bersama segelintir organisasi yang selama ini dianggap sebagai konstituen, terangnya.

“UU Pokok Pers di salah satu pasalnya menyebutkan demikian, Dewan Pers harus memberdayakan organisasi pers melahirkan kebijakan tentang pers termasuk soal kesejahteraan,” tukasnya.

Sementara, Bupati Taput yang diwakili staf ahli Eliston Lumbantobing berharap keberadaan SPRI di Taput dapat berada di posisi terdepan dalam membangun.

“Bukan hanya biasa saja, juga dalam pemberitaan kiranya berguna untuk kepentingan yang membangun bagi masyarakat banyak, bukan kepentingan pribadi,” dan bisa menepis berita hoaks,” ujarnya.

Usai dilantik, ketua DPC SPRI Taput Lamhot Silaban dalam sambutannya mengatakan keberadaan SPRI Taput kami berharap, dengan keberadaan DPC SPRI Taput saat ini diharapkan semua rekan-rekan khususnya pengurus DPC SPRI Taput dapat bekerjasama untuk menjalankan program-program kerja dan mgedepankan kode etik jurnalis dan menjadi jurnalis yang bermartabat kedepannya,” ungkap Lamhot Silaban.

Lamhot Silaban,ST juga mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu baik moril maupun materil sehingga acara pelantikan DPC SPRI Taput ini dapat dilaksanakan dan berjalan sukses.

“Terima kasih buat pihak-pihak yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu sehingga acara pelantikan DPC SPRI yang di lantik ini dapat terselenggara dengan baik dan berjalan lancar. Kami juga memohon doa dan dukungan serta kerjasama Bapak/Ibu sekalian untuk eksistensi DPC SPRI Taput,” tutupnya.

BMT.Manalu

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.