Kapolda Sumut : Selama Mudik Lebaran Tahun 2022 Tidak Ada Penyekatan, 10376 Personil Gabungan Disiagakan

  • Bagikan

Sumut   –   Buser45.com |28 April 2022 Diketahui melalui Surat Edaran Satgas Covid-19 Nomor 16 Tahun 2022 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Pada Masa Pandemi Covid-19 dan Inmendagri Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat, pemerintah memberikan kelonggaran bagi pelaku perjalanan.

Namun demikian, tentu beberapa syarat masih harus dipenuhi seperti sudah vaksinasi booster agar tidak perlu menunjukkan hasil tes PCR.

Menanggapi perihal tersebut, Kepala Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara, Irjen Pol Drs RZ Panca Putra Simanjuntak M.Si mengatakan bahwa pada saat mudik lebaran 2022 yang akan berlangsung beberapa hari lagi, pihak kepolisian tidak akan melakukan penyekatan jalan.

“Kemarin kita sudah mengatakan bahwa Polri tidak melakukan penyekatan, petugas pengamanan tidak akan melakukan penyekatan, tetapi kita tetap memastikan bahwa masyarakat dalam keadaan sehat,” kata orang nomor satu di jajaran Polda Sumut tersebut kepada awak media saat dikonfirmasi, Kamis (28/4/2022).

Dalam hal ini Kapolda Sumut juga menuturkan, bahwa dalam Operasi Ketupat Toba 2022 ini seluruh steakholder akan mengamankan masyarakat dalam perayaan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriyah.

“Operasi ini sebagaimana yang saya sampaikan dan disampaikan oleh bapak Gubernur Sumut, adalah operasi keselamatan, operasi kemanusiaan, yang dilakukan untuk mengamankan masyarakat dalam rangka memperingati hari raya Idul Fitri 1443 Hijriah,” kata Kapolda Sumut.

Selain itu, Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak juga telah mengatakan bahwa yang paling utama selain mengamankan Masyarakat dalam rangka memperingati hari raya Idul Fitri, juga memastikan masyarakat bahwa sebelum pada saat dan setelah pasca peringatan Idul Fitri Masyarakat masih tetap dalam keadaan kondisi sehat.

“Kita sama-sama mencegah penyebaran Pandemi Covid-19 yang masih terus mewarnai bangsa dan negara ini. Silahkan mudik, tidak usah takut, tetapi tetap patuhi protokol kesehatan,” pungkas Kapolda Sumut.

Sebelumnya, Kapolda Sumut Panca Putra Simanjuntak menyampaikan, bahwa pihaknya akan bekerja sama dengan berbagai elemen untuk memberikan keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat. Tidak tanggung-tanggung, sebanyak 10.376 personel gabungan siap untuk dilibatkan.

Personel akan ditempatkan di 149 pos pelayanan yang tersebar di seluruh wilayah Sumut. Para personel juga akan ditempatkan di 389 titik yang dianggap rawan tindak kejahatan, kecelakaan dan bencana alam.

“Mereka akan kita sebar ke titik-titik yang sudah di tentukan, pos pelayanan dan titik-titik rawan dan juga tentu pengamanan di wilayah yang banyak ditinggal mudik masyarakat,” ungkap Kapolda Sumut Panca Simanjuntak.
(Kabiro Buser 45 HBS)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.