Pengenalan Hukum Sejak Dini Kepada Pelajar, Kejari Banjarnegara Gelar Sosialisasi Hukum Melalui Program Jaksa Masuk Sekolah

  • Bagikan

Banjarnegara     –     Buser45.com |Untuk memberikan pengenalan hukum sejak dini kepada pelajar, Kejaksaan Negeri Banjarnegara melaksanakan kegiatan Sosialisasi Hukum melalui Program Jaksa Masuk Sekolah, yang dilaksanakan oleh bidang intelijen Kejaksaan Negeri Banjarnegara kepada pelajar siswa siswi SMK Cokroaminoto 1 Banjarnegara, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Mengingat masih situasi pandemi, kegiatan sosialisasi hukum diikuti perwakilan setiap jurusan pada kelas X Siswa siswi SMK Cokroaminoto 1 Banjarnegara, Kamis (8/4).

Kepala Seksi Intelijen Kejari Banjarnegara, Yasozisokhi Zebua, SH selaku ketua tim pelaksana kegiatan yang juga sebagai pemateri didampingi oleh Kasubsi Ideologi, Politik, Pertahanan Keamanan, Sosial, Budaya dan Kemasyarakatan pada Seksi Intelijen Kejari Banjarnegara, dan Kasubsi Teknologi Informasi, Produk Intelijen dan Penerangan Hukum pada Seksi Intelijen Kejari Banjarnegara serta staf pada Seksi Intelijen Kejari Banjarnegara.

Dalam kegiatan tersebut, Kasi Intel menyampaikan bahwa kegiatan Jaksa Masuk Sekolah adalah merupakan salah satu program Kejaksaan Republik Indonesia di bidang intelijen dan sebagaimana tugas dan fungsi kejaksaan yaitu dalam meningkatkan kesadaran hukum masyarakat termasuk kepada para pelajar di lingkungan sekolah untuk dapat mengenal hukum sejak dini.

Kegiatan Jaksa Masuk Sekolah diawali sambutan dari Wakil Kepala Sekolah SMK Cokroaminoto 1 Banjarnegara Bidang Humas Santoso, S. Pd. Mewakili Kepala Sekolah SMK Cokroaminoto 1 Banjarnegara didampingi Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan.

Kemudian penyampaian materi sosialisasi hukum oleh Kasi Intel Kejari Banjarnegara Yasozisokhi Zebua, SH berupa pengenalan tugas dan fungsi kejaksaan. Selanjutnya pengenalan hukum yakni penggolongan hukum dilihat dari jenisnya, bentuknya, sumbernya, isinya, wujudnya, serta penggolongan hukum dilihat dari ruang lingkup atau tempat berlakunya.

Dan beberapa pengenalan hukum lain baik perbuatan pidana yang diatur dalam KUHP maupun perbuatan pidana yang diatur di luar KUHP yang rawan terjadi di kalangan pelajar seperti perbuatan tindak pidana narkotika, perbuatan tindak

pidana dan pelanggaran dalam berlalu lintas, perbuatan tindak pidana terkait ITE, perbuatan tindak pidana terkait senjata tajam, serta perbuatan perbuatan pidana lainnya, demikian juga bagaimana bila anak sebagai korban maupun anak sebagai pelaku.

Untuk menarik perhatian dan menguji pemahaman para siswa, Kasi Intel menyelingi pertanyaan kepada siswa dengan memberikan cendramata berupa mug bergambar lambang kejaksaan dan logo serta tulisan Jaksa Masuk Sekolah.

Wakil Kepala Sekolah SMK Cokroawinoto 1 Banjarnegara Bidang Humas memberikan apresiasi dan ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Kejaksaan Negeri Banjarnegara secara khusus kepada Kasi Intel Kejari Banjarnegara Bapak Yasozisokhi Zebua, SH dan tim yang telah datang dan melaksanakan kegiatan sosialisasi hukum kepada siswa siswi Kelas X SMK Cokroaminoto 1 Banjarnegara, dimana kegiatan ini merupakan kegiatan pertama dari kejaksaan Negeri Banjarnegara pada SMK Cokroaminoto 1 Banjarnegara.

“Kalau kegiatan kegiatan dari institusi lain sebelum pandemi sering dilaksanakan, namun dari kejaksaan baru pertama kali ini, kami senang dan berterimakasih telah memberikan pengenalan hukum dan pemahaman tentang hukum melalui Program Jaksa Masuk Sekolah ini,” ungkapnya.

*(RUDOLFSIVA*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.