Pemohon Kartu Pencari Kerja di Banjarnegara Membludak, Disnaker Buka Layanan Online

  • Bagikan

Banjarnegara, Buser45.Com |Sejak libur Lebaran, jumlah pemohon kartu pencari kerja (AK1) di Banjarnegara membludak. Bahkan dalam sehari, bisa melayani lebih dari 150 pemohon.

Warga Banjarnegara sedang memohon kartu pencari kerja.

Sejak libur Lebaran, jumlah pemohon kartu pencari kerja (AK1) di Banjarnegara membludak. Bahkan dalam sehari, bisa melayani lebih dari 150 pemohon.
Banjarnegara *Jumaat (13/05/2022)*

Peningkatan permohonan Kartu AK1, sudah mulai dirasakan sejak awal masuk kerja setelah libur Lebaran. Peningkatan ini, masih terus terjadi hingga akhir pekan ini.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Penanaman Modal Perizinan Satu Pintu (PMPTSP) Banjarnegara, Abdul Suhendi mengatakan, pada hari normal, jumlah pemohon AK 1 di Banjarnegara berkisar di angka 50 per hari. Namun saat ini, rata-rata pemohon mencapai lebih dari 150 per hari. Padahal layanan untuk AK1, hanya dilayani hingga pukul 12.00 WIB setiap harinya.

Kita memang membatasi jam pelayanan untuk mencegah terjadinya kerumunan, untuk itu kami juga memberikan layanan online bagi pemohon AK1 di Banjarnegara,” katanya.

Menurutnya, dari sejumlah pemohon yang ada, sebagian besar untuk mencari kerja di wilayah Jabodetabek seiring arus balik mudik Lebaran.
Rata-rata untuk melamar di wilayah Jakarta Raya, tetapi ada juga yang untuk daerah lokal,” katanya.

Untuk mempercepat proses, para pencaker bisa melakukan pendaftaran permohonan Kartu kerja melalui website resmi dinas tenaga kerja bursakerja.banjarnegarakab.go.id/register. Pemohon bisa mengajukan permohonan dengan melampirkan persyaratan seperti FC KTP, Ijazah terakhir, pas foto 2×3 sebanyak dua lembar serta berusia minimal 18 tahun.

*(Rudolf)*

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.