Jaga Ketahanan Pangan, Mahasiswa KKN IAIN Pekalongan Pelatihan Penanaman Bibit Sayur

  • Bagikan

Banjarnegara, Buser45.com – Minggu (22/05/2022) Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Ankatan 52 IAIN Pekalongan, melaksanakan kegiatan penanaman bibit sayur menggunakan polybag.

Kelompok KKN IAIN diketuai oleh M.Birawa Anoraga, Yusron Kamal,
Rohmat Yanuar,
Khafif Pudin,
Ayu Afifah,
Nurul Aliyah,
Rossa Modista Rahmawati,
Fathillah Fasya Nisrina,
Salwa Nabila,
Kukuh Adi Prasetyo
Aghnaita Febrianti.
Dengan di dampingi pak kadus Bapak Agus dan pak RT Bapak Musafa.

Demi menjaga ketahanan pangan dan meningkatkan produktivitas masyarakat terlebih di masa~masa seperti ini, guna meningkatkan ekonomi kerakyatan tim KKN IAIN Pekalongan mengadakan program kerja penanaman bibit sayur menggunakan polybag.

“Harapan kedepanya dengan diberikan dorongan menanam bibit di lahan masing masing, maka hasilnya bisa diolah sendiri ataupun bisa dijual agar bisa meningkatkan perekonomian warga” ungkap M.Birawa Anoraga yang ambil jurusan hukum tata negara ini, sekaligus merupakan penanggung jawab program kerja penanaman bibit sayur menggunakan polybag.

Dalam eksekusinya, dilakukan sosialisasi dan edukasi terlebih dahulu terkait penanaman ini, selanjutnya mahasiswa KKN mengadakan pelatihan secara langsung dengan cara menanam bibit sayur secara bersama~sama yang diadakan bersama ibu~ibu dukuh tegaten RT 04 Desa wanayasa kecamatan wanayasa kabupaten Banjarnegara.
Jenis, Adapun bahan yang digunakan di polybag yaitu cukup tanah dan pupuk prostal 3 karung, dan bibit sayur yang ditanam yaitu lobak(sawi putih) lombok : 400, terong : 50 dan cabai : 50 Selama kegiatan berlangsung warga cukup berantusias dan tetap semangat
Walaupun di guyur gerimis mengundang/hujan kecil.

“Penanaman bibit sayur dengan menggunakan polybag dapat dilakukan sebagai ajang kampung percontohan untuk program kkn iain pekalongan tahun ini,”ungkap M. Birawa jurusan hukum tatanegara ini.

(Rudolf / AWI)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.