Jemaat HKBP Ressort Cibinong Rayakan Pesta Jubileum ke -50

  • Bagikan

Cibinong, Buser45.com – Jemaat HKBP Ressort Cibinong, diliputi sukacita penuh karena hari ini adalah puncak perayaan Jubileum ke 50 tahun gereja tersebut, yang dipimpin oleh Pdt Dr. Tiapul Br. Hutahaean, bertempat di Balai Pertemuan Umum (BPU) Bagas Raya, Cibinong, Kabupaten Bogor.

Sekjen HKBP Pusat,
Ressort Cibinong, Pdt Dr. Victor Tinambunan mengatakan, peringatan Jubileum ini merupakan tradisi bagi seluruh jemaat HKBP Ressort Cibinong untuk mensyukuri berkat Tuhan yang gerejanya telah berdiri selama 50 tahun.

“Jadi kami merayakan Jubileum ke 50 tahun ini khusus bagi HKBP Ressort Cibinong yang dilaksanakan di gedung BPU Bagas Raya Cibinong,” kata Pdt Victor kepada Berita 7TV.com disela-sela acara.

Ia menerangkan, perhelatan Jubileum ke 50 kali ini, bertujuan untuk mengingatkan umat Kristen di HKBP agar bersyukur kepada Tuhan, karena Tuhan sendiri lah awal mulanya mendirikan gerejanya sehingga bisa bertumbuh berkembang seperti sekarang ini.

“Dan ini perlu kita syukuri oleh semua pelayan serta warga jemaat agar bersukacita, dan semoga momen ini para jemaat HKBP Cibinong khususnya, diharapkan dapat lebih bersemangat menjalani kehidupannya untuk kedepannya. Itu adalah inti perayaan Jubileum ini,” paparnya.

“Harapannya semoga gereja HKBP Cibinong bisa lebih baik untuk kedepannya serta bagi para pelayan dan jemaatnya pula,” terangnya.

Masih ditempat yang sama, pendeta HKBP Ressort Cibinong, Dr. Tiapul Br. Hutahaean mengaku, pihaknya sangat senang dan bahagia melihat antusias para pelayan dan jemaat HKBP Cibinong khususnya yang tengah sukacita dalam perayaan Jubileum ke 50 tahun tersebut.

“Luar biasa puji Tuhan, karena seluruh jemaat dapat bersungguh-sungguh bersyukur dalam perayaan Jubileum ini,” katanya.

Inang Tiapul juga mengaku, dalam momen ini banyak berkat yang diterima mulai dari pra jubileum sampai puncak perayaan itu digelar pada hari ini.

“Kita sungguh-sungguh bersorak Sorai dengan menunjukkan bahwa jemaat HKBP Cibinong bersyukur kepada Tuhan Yesus,” ungkap Pdt Tiapul.

Pihaknya juga mengharapkan, dalam perayaan puncak Jubileum ke 50 ini, kedepan bisa bersama-sama dengan seluruh jemaat HKBP Cibinong.

“Dan itu harapan kita terus, kita berdoa terus, ciptakan perdamaian untuk bersatu, bersyukur kepada Tuhan Yesus serta saling memaafkan dan mengampuni agar Tuhan sendiri dapat mengampuni kita semua sebagai jemaatnya,” bebernya.

“Kita akan bersatu semua sehingga tali persaudaraan antara umat Kristen dapat diikat kembali didalam kasih Tuhan Yesus,” harapnya.

Ketua umum Jubileum HKBP Cibinong, DR. M. Nainggolan menyebut, perayaan Jubileum sendiri artinya adalah perayaan ulang tahun ke 50 tahun dan sesungguhnya usia HKBP Ressort Cibinong ini adalah 53 Tahun, semenjak berdiri pada Tanggal 21 September 1969, dan Perayaan Jubileum ini seharusnya dilaksanakan pada tahun 2019, tetapi baru bisa dilaksanakan pada Tahun 2022 ini.

Ia juga melanjutkan, dalam perayaan Jubileum hari ini kegiatan dimulai dari Gereja HKBP Ressort Cibinong Jl. HR.
Lukman Cirimekar dengan acara ibadah singkat dan penandatanganan Prasasti Jubileum HKBP Ressort Cibinong oleh Sekretaris Jenderal HKBP Bapak. Pdt. DR. Victor Tinambunan MST, turut
mendampingi beliau Praeses Distrik 28 Deboskab Pdt. Nekson Simanjuntak Mth, Pendeta Ressort HKBP Cibinong Inang Pdt. Dr. Tiapul Br. Hutahaean, serta Pendeta Fungsional Pdt. Monrue Nainggolan Sth, beserta Parhalado, jemaat perwakilan Sektor.

“Perayaan Jubileum HKBP Ressort Cibinong sudah dimulai dari tahun 2021 yang lalu dengan serangkaian kegiatan seperti Bakti Sosial kepada jemaat yang terdampak covid-19 dan warga sekitar Gereja, juga diadakan kegiatan Gowes (Sepeda Gembira) Ama HKBP Ressort Cibinong pada Tanggal 17 Agustus 2021 lalu sekaligus upacara bendera di Lingkungan Gereja, juga ada serangkaian kegiatan Seminar Pemberdayaan yang ditujukan kepada Parhalado, Jemaat dan Kaum Muda,” bebernya.

Lebih lanjut ia memaparkan, panitia Jubileum ke 50 tahun juga mengumpulkan ‘Natuatua ni Huria’ dan mengadakan acara silaturahmi untuk menggali informasi perjalanan Gereja HKBP.

Kegiatan lainnya adalah, lanjut Pdt Nainggolan, ibadah Pra-Jubileum yang dilaksanakan pada Tanggal 26 September 2021, dimana pada saat itu diadakan acara pelepasan balon dan merpati sebagai simbol kelepasan dan perdamaian.

Acara Pra-Jubileum juga, diisi dengan acara hiburan untuk menunjukan sukacita yang dirasakan oleh Jemaat HKBP Ressort Cibinong. Dalam acara Pra-Jubileum ini pula, untuk pertama kalinya dilakukan peluncuran (Launching) Database Jemaat HKBP Ressort Cibinong oleh uluan Inang Pdt. Dr. Tiapul Hutahaean.

Sementara, kata Nainggolan, pemutakhiran database Jemaat HKBP Cibinong ini sendiri dimulai pada Bulan Mei 2021 sampai dengan Bulan September 2021, dimana hasil pemutakhiran database jemaat adalah dari 420 KK data awal jemaat HKBP Ressort Cibinong, yang berhasil didata sejumlah 419 KK dengan persentase pencapaian sebesar 99,8 %.

“Setelah acara di Gereja selesai, Sekjend HKBP dan Praeses Distrik 28 Deboskab berserta rombongan menuju Gedung Pertemuan Bagas Raya yang terletak di Jalan Raya Bogor, untuk mengikuti serangkaian acara Puncak Perayaan Jubileum HKBP Ressort Cibinong,” terangnya.

Pdt Nainggolan menambahkan, kedatangan rombongan disambut dengan acara pengalungan bunga dan pelepasan sepasang Burung
Merpati oleh Sekjend HKBP Pdt. DR. Victor Tinambunan MST.

Pelepasan Burung Merpati sebagai simbol perdamaian, dimana dengan pelepasan sepasang Burung Merpati ini sebagai lambang keikutsertaan HKBP untuk ikut membawa damai disetiap kehidupan jemaatnya.

“Selanjutnya, rombongan memasuki Gedung Pertemuan Bagas Raya diiringi oleh serombongan pemuda pemudi
gereja berbaris membawa bendera-bendera sektor,” tuturnya.

Lebih jauh ia membeberkan, dalam Ibadah Raya Perayaan Jubileum HKBP Ressort Cibinong dalam pesan Pastoralnya, Sekretaris Jenderal HKBP, Bapak Pdt. DR. Victor Tinambunan MST menyampaikan kepada Jemaat yang hadir untuk semakin dekat dan senantiasa terhubung dengan Tuhan, melalui doa-doa yang kita panjatkan, minggu ROGATE mengajak jemaat bersama orang beriman supaya: berdoa dan memohon kepada Tuhan.

Baginya, sambungnya, karena dengan berdoa adalah bagian yang tak terpisahkan dalam ibadah dan keseharian orang beriman di hadirat Allah.

Dalam acara perayaan Jubileum juga hadir dari unsur Pimpinan Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor, dari Kepolisian, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Bogor serta Tamu Undangan dari Gereja-gereja yang ada di Cibinong.

“Sukacita dan keceriaan dirasakan oleh seluruh Jemaat yang hadir dalam merayakan Jubileum HKBP Ressort Cibinong ini, terlihat antusias Jemaat dalam Parade Sektor mulai dari Sektor 1 sampai dengan Sektor 16,” urainya.

Sementara itu, Praeses Distrik 28 Deboskab, Pdt. Nekson Simanjuntak mengutarakan, dalam perayaan Jibeleum ini bahkan ada Anak Sekolah Minggu yang ikut Manortor (Menari) terlihat begitu bersemangat
dan penuh kegembiraan dalam Perayaan Jubileum ini.

Dalam acara Jubileum juga, diberikan Buku Sejarah HKBP Ressort Cibinong kepada perwakilan pendiri gereja, dimana buku sejarah ini sebagai satu bukti bahwa suatu Gereja sudah merayakan ulang tahun ke-50 atau Jubileum sebagai bentuk ucapan syukur HKBP Ressort Cibinong dengan memberikan cinderamata berupa pin kepada para pendiri Gereja dan Jemaat awal saat berdirinya HKBP Cibinong. Penghargaan berupa Cinderamata dan Ulos juga diberikan panitia kepada Pendeta yang dulu pernah melayani di HKBP Ressort Cibinong.

Adapun, lanjut Nekson, kepada para donatur dan Sintua yang sudah pensiun dengan mengambil tema Jubileum “Kecaplah dan lihatlah, betapa baiknya TUHAN itu! Berbahagialah orang yang berlindung pada-Nya (Mazmur 34: 9) biarlah seluruh Jemaat HKBP
Ressort Cibinong dapat merefleksikan kebaikan Tuhan yang selama ini diterima dan dirasakan jemaat dengan cara lebih peduli dengan sesama, peduli dengan gereja dan semakin mengandalkan Tuhan.

“Puncak Perayaan Jubileum HKBP Cibinong di tutup dengan doa yang dipimpin oleh Sekretaris Jenderal HKBP Bapak Pdt. Dr. Victor Tinambunan MST,” imbuhnya.

Disisi lain, Ketua pelaksana acara, Japatar Purba mengaku sangat bahagia dengan antusiasme para jemaat yang hadir dalam perayaan tersebut.

“Saya pribadi selaku ketua pelaksana acara Sanga senang dengan kemeriahan acara Jubileum ke 50 tahun. Pasalnya, antusias para pelayan dan jemaat terlihat dengan kehadirannya yang diperkirakan mencapai 1000 orang dari 419 KK yang terdaftar di HKBP Ressort Cibinong,” tukasnya.

BMT.Manalu

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.