Tim KKN IAIN Pekalongan Angkatan 52. Kelompok II, Ajari Warga Bikin Pakan Ternak dari Limbah Jerami

  • Bagikan

Banjarnegara, Buser45.com |Tim KKN IAIN Pekalongan Angkatan 52. Kelompok II, mengadakan kegiatan dengan mengambil Tema : Penyuluhan peternakan dan pertanian ” Pelatihan Pemanfaatan limbah jerami sebagai inovasi pakan ternak” di Desa Suwidak kecamatan wanayasa, kabupaten Banjarnegara telah menggelar pelatihan pembuatan pakan ternak dari jerami padi untuk warga setempat. Kegiatan pelatihan dilaksanakan pada hari Senin, (23 mei 2022) di aula balai desa suwidak.

Dengan mendatangkan Kepala Dinas pertanian, perikanan dan ketahanan pangan pemerintah kabupaten Banjarnegara Bapak Basuki Widodo S.Pt. sebagai pemberi Materi pelatihan.

“Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan yang dapat menunjang penggunaan limbah jerami padi oleh para peternak, jerami padi sebagai inovasi pakan untuk ternak-ternak mereka,” kata Widodo Dwi Saputra Mahasiswa KKN IAIN Pekalongan, yang mengambil Jurusan hukum tatanegara ini.

Menurut Widodo, tujuan pelatihan pembuatan pakan ternak ini adalah memberikan pengetahuan kepada warga Desa Suwidak tentang cara mengatasi permasalahan pakan ternak pemanfaatan dengan limbah jerami padi dan melakukan pelatihan cara membuat pakan ternak dengan memanfaatkan limbah pertanian di sekitar Desa Suwidak, Diharapkan dengan adanya pelatihan ini peternak Desa Suwidak dapat mengatasi sulitnya mencari pakan ternak pada musim kemarau yang akan datang serta dapat menurunkan biaya untuk pakan ternak.

Kegiatan pembuatan pakan ternak berbahan dasar jerami padi ini memiliki manfaat berupa kandungan gizi yang bermanfaat baik untuk ternak.

“Tindaklanjut yang diharapkan kepada seluruh peternak adalah agar memiliki ketrampilan dalam menciptakan pakan untuk ternak mereka sehingga biaya untuk pakan lebih minimal dan terpenuhinya kebutuhan gizi hewan ternak,” katanya. Penyuluhan tentang pembuatan pakan ternak ini cukup membantu para peternak di Desa Suwidak.

Turut hadir acara tersebut Kepada Desa Suwidak Bapak Rip Santosa Beserta jajarannya, yang turut memberikan sambutan,” supaya para peserta harus benar bebar mamahani pelatihan ini harapannya supaya para perternak di desa cepat berkembang guna membantu ekonomi pertanian dan peternakan di desanya,” ungkapnya

Dan para tamu undangan perserta pelatihan, kegiatan ini sangat antusias mengikuti pelatihan dan saling tanya jawab kepada pemberi materi acara berjalan aman dan kondusif, dan pada sesi tarakhir penyerahan sertifikat kepada pemberi materi pelatihan oleh mahasiswa kkn juga foto foto bersama

( Rudolf )

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.