Pancasila Adalah Roh Serta Jiwa Bangsa Indonesia

  • Bagikan

Jepara, Buser45.com |Tanggal 1 Juni 1945, dalam pidatonya, Presiden Soekarno menyebut 5 asas mengenai dasar negara. Pidato pertama berisi gagasan Pancasila ini kemudian diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila.

Pancasila menjadi pedoman bernegara, filosofi kehidupan berbangsa yang merangkul seluruh anak bangsa di setiap zaman untuk dapat mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam tindakan. Pancasila menjadi tata pikir dan perilaku, sebagai habitus.

Memahami dan mengamalkan nilai Pancasila adalah representasi konsep dialogis yang memampukan manusia Indonesia merestorasi setiap nilai dengan basis pembelajaran dan aktualisasi dalam tindakan.

Pancasila mempersatukan seluruh elemen, dan Menjadi tameng di setiap ancaman kehidupan berbangsa. Karena Pancasila, kita menjadi kuat dan tangguh dalam selimut jati diri, Indonesia.

Nilai-nilai Pancasila mutlak diperlukan untuk menjawab berbagai tantangan saat ini maupun di masa depan. Kita perlu membangkitkan kembali nilai-nilai Pancasila sebagai roh dan jiwa bangsa Indonesia.

Tidak bisa dipungkiri di era ini muncul berbagai tantangan terhadap kebangsaan kita akibat dinamika yang terjadi di berbagai bidang secara global. Berhadapan dengan berbagai tantangan, bangsa Indonesia perlu menegaskan jati dirinya lewat pengamalan nilai-nilai Pancasila, sebab Pancasila adalah bagian dari empat konsensus kebangsaan yang diwariskan oleh para pendiri bangsa. Setiap anak bangsa harus mampu membumikan nilai-nilai Pancasila itu dalam sikap dan perilaku sebagai contoh yang hidup.

Indonesia sebagai Bangsa besar, telah melewati berbagai macam tantangan zaman baik nasional maupun global. Namun, semua rintangan tersebut dapat teratasi dengan berpegang teguh pada nilai-nilai Pancasila sebagaimana Idiologi Bangsa.

Pentingnya memperingati Hari Lahir Pancasila tidak hanya karena ini bernilai sejarah, tetapi karena makna yang terkandung dalam setiap butir sila Pancasila merupakan hal yang harus dihayati setiap saat oleh warga Indonesia,.

Pancasila terbukti berhasil memandu bangsa Indonesia dalam melewati tantangan dan ujian yang pernah dihadapi, mulai dari zaman kemerdekaan, masa pembangunan, era globalisasi sampai pandemi Covid-19 saat ini.

Pancasila akan semakin kokoh mempersatukan segala perbedaan menjadi satu harmonisasi didalam satu Bingkai NKRI. Pluralitas dan keberagaman merupakan ciri bangsa Indonesia dan menjadi latar belakang terbentuknya bangsa ini. Demi keutuhan Bangsa Indonesia dalam dasar ideologi Pancasila dan dalam bingkai NKRI mari kita menjaga kerukunan.

Pentingnya menjaga kerukunan bangsa Indonesia yang dianugerahi keragaman, perbedaan hendaknya bisa dijadikan kekuatan untuk saling melengkapi.

Pancasila adalah nafas jiwa bangsa Indonesia. Dengannya kesatuan dan persatuan Indonesia dapat diciptakan. Semoga kita bersama terus menjalin tali silaturahmi, rasa solidaritas, toleransi antar sesama.

Berbeda, tapi tetap bersatu untuk Indonesia tangguh. Jaga Kebhinekaan, jaga kerukunan, saling menghargai dan menghormati.

Selamat Hari Lahir Pancasila.

Pancasila, dasar negara, filosofi kehidupan manusia Indonesia.

Pancasila adalah cahaya jiwa Indonesia. Menerangi dan menyatukan.

Pancasila, habitus berbangsa, saatnya ia hidup dalam perilaku menghadapi setiap tantangan.***

1 Juni 2022.
Oleh: Purnomo Penulis adalah Pemerhati Budaya, Lingkungan, Sosial dan purnawirawan Polri di Jepara.(@jibuserjateng)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.