WOW…APBDes Desa Gunung Kataran Sangat “fantastis”.

  • Bagikan

Serdang Bedagai, Buser45com |06/06/2022 Paska pemberitaan berjudul “Kades Desa Gunung Kataran Diduga Tidak Transparan” jum’at 3/6/2022 yang tidak terlihat dan terpampang papan APBDes tahun 2022dikantor Desa Gunung Kataran Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Sergai Propinsi Sumut.

Saat awak media bersama LSM Indonesia Corruption Care kabupaten Sergai menyambangi Kantor Desa Gunung Kataran Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Sergai Propinsi Sumut, Senin 6/6/2022 telah terpasang dan terpampang papan APBDes tahun anggaran 2022 didepan Kantor Desa.

Yang anehnya lagi didalam ruangan Kantor Desa hanya ada operator Desa( Pipit).

Saat ditanya perihal item item yang ada didalam APBDes seperti bidang pemberdayaan masyarakat (Penguatan ketahanan pangan tingkat desa) sebesar Rp 144.515.400.Pipit menjawab bahwa itu untuk pelatihan tata boga,pelatihan bengkel dan pelatihan Las yang dalam waktu dekat akan dilaksanakan.

Dalam kesempatan yang sama awak media mengkomfirmasi tentang perihal kegiatan penanggulangan covid 19 sebesar Rp 163.236.960 Pipit mengatakan bahwa dana sebesar itu untuk pembelian masker,hand sanitijer dan penyemprotan rumah warga,itu sudah dilakukan ditahun 2022 ini.

Terpisah saat awak media bersama Lsm Indonesia Corruption Care mewawancarai warga yang tidak mau disebutkan namanya mengungkapkan bahwa terkait kegiatan penanggulangan covid 19 ditahun ini belum ada penyemprotan dari desa, sedangkan hand sanitijer ini saya dapat dari perkebunan Ptpn4 pabatu sembari menunjukkan botol kemasanya.

Wendy hutabarat selaku LSM menyatakan bahwa jika bener pernyataan masyarakat tersebut hal ini harus di tindaklanjuti,karena dana kegiatan penanggulangan covid19 sebesar itu diduga tidak terealisasi,dan jika kita bandingkan dengan Desa Kedai Damar yg terdiri 6 dusun dengan jumlah +-1500 jiwa dengan transasi biaya kegiatan penanggulangannya hanya sebesar Rp 54.634.480.dan Desa Gunung Kataran yg hanya berjumlah +-645 jiwa dan hanya 3 dusun transasi biaya kegiatan penanggulangan covid mencapai 163.236.960.
jadi wajar kalau disebut sangat “fantastis”.

Perihal APBDes Desa Gunung Kataran Bapak
Hamonangan purba selaku Ketua lsm Pamit Ri meminta dinas Pmd dan Inspektorat kabupaten Sergai untuk turun guna mengauditnya.

Saat awak media mencoba menghubungin dan mengkomfirmasi berita ini kepada kepala Desa Gunung Kataran Sugiono via telepon seluler tetapi tidak aktif.
(Kabiro buser45 HBS)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.